Kamis, 21 Juli 2011

Install Windows XP di Acer Aspire 4732z

Beberapa hari yang lalu, salah satu teman membeli Laptop Acer Aspire 4732Z, kemudian dia minta bantuan untuk install Windows XP. Dengan penuh percaya diri aku terima laptop dan CD Windows original-nya.
Pertama aku set bios (tekan tombol F2 pada saat booting), kemudian aku masuk ke menu Boot untuk menentukan urutan booting dari CD, kemudian aku simpan, CD Windows XP masukkan ke CD Drive dan restart.
Aku ikuti langkah standar instalasi Windows XP. Masalah muncul pada saat loading windows untuk proses instalasi, tiba-tiba layar blue screen (istilah jika layar komputer menampilkan layar biru – pertanda ada hardware yang conflict/tidak support).
Aku coba lagi sampai beberapa kali, tetap hasilnya sama.
Kemudian aku coba masuk bios lagi, kali ini aku coba cek SATA Mode-nya. disitu ada pilihan IDE dan AHCI. Secara default yang dipilih AHCI, aku coba ubah menjadi IDE. Laptop aku restart lagi, mengulangi proses instalasi.
Berhasil…!!!!
Kemudian kemarin aku mencoba main ke Service Center Acer, dan menanyakan kejadian tersebut dan mendapat jawaban cukup memuaskan :
Mode SATA AHCI digunakan untuk Windows VISTA sedang IDE khusus untuk Windows XP.

2 komentar: